Pahami memilih barang digital dengan risikonya


Baru-baru ini ada bencana besar menimpa produk digital yang saya tawarkan di p-store. Produk tersebut adalah google drive unlimited. Sebelum saya menawarkaannya saya sudah menggunakannya untuk keperluan data pribadi keluar masuk. Saya lihat produk ini sangat bagus google drive yang bisa menyimpan data sampai berpuluh-puluh GB dalam satu akun saja, lalu akhirnya saya tertarik untuk menawarkannya di p-store, karena saya juga ingin memberi kabar baik ini.
Ketika sudah terjual beberapa hari, ternyata ada masalah terhadap akun yang saya tawarkan. Ketika itu banyak pembeli yang chat konfirmasi kalau akun mereka gak bisa di buka. Akhirnya saya pun cek akun yang saya punya dan ternyata benar akun google drive yang satu domain dengan saya bermasalah. 
Saya hanya mengehela nafas, bagaimana nasib data-data saya terutama data dari para pembeli yang sudah membeli produk yang saya tawarkan, akhirnya saya menghubungi administratornya, untuk meminta konfirmasi masalah produk yang di tawarkan.
Setelah beberapa menit administrator sudah menjawab dan memberi tahu memang ada gangguan akibat ada salah satu akun yang dibuat untuk aktivitas yang tidak sehat artinya aktivitas yang melanggar aturan google drive sehingg menimbulkan semua akun yang satu domain bermasalah.
Saya menghela nafas lagi karena memang saya tidak tahu perihal masalah terssebut saya hanya menawarkannya saja karena merasa produk ini sangat bagus dan sangat membantu. 
Setelah saya menanyakan lagi apakah google unlimited yang sudah di beli bisa balik lagi seperti semula, pihak admin hanya berkata bahwa saya harus tenang dan menunggu konfirmasi dari admin.
Baik dari hal ini ada beberpa hal yang bisa kalian pelajari sebagai orang yang sering membeli dan menjual produk yang bukan produk sendiri.
Kepada Pembeli

1. Harga murah
Hal ini yang sangat dicari di dunia maya, terutama saya, kualitas sebagai prioritas kedua, serta Term of  Services(TOS ) tidak tahu nomor belakang. Memang saya juga seperti itu tapi kita juga harus memilih dan memilah harga murah tapi tetap berkualitas. jadi saran saya murah harus diteliti lagi kenapa murah risikonya apa kalau harganya murah, lalu apa yang akan terjadi bila produk ini saya pakai.

2. Pahami risiko yang ada
Karena terlihat murah dan sangat mudah di cari dibandigkan di lainnya, kita tergiur dengan produk tersebut, Akhirnya kita tidak melihat resiko di belakangnya, ketika saya melihat produk google drrive unlimited ini saya sudah sedikit paham tentang risikonya, karena memang satu domain. Akan tetapi kembali lagi murah itu menjadi rajanya.

3. Harus ikhlas kehilangan data
Saya ingat dulu kecerobohan terbesar saya ketika menginstal ubuntu di laptop tanpa backup data ke harddrive lain, sehingga seluruh karya desain saya menghilang dan data-data selama masa kuliah nihil tak bersisa. Dan hari ini kembali terulang namun dalam skenario yang berbeda. Jika sudah hilang kita harus bagaimana lagi, maka jalan satu-satunya ikhlaskan.

Kepada Penjual

1. Coba produk sebelum di tawarkan
Produk google drive ini sebetulnya sudah saya review selama beberapa hari, dan saya melihatnya baik-baik saja maka dari itu saya menawarkan di p-store. Akan tetapi saya juga tidak mengerti akan seperti ini jadinya, saya sarankan kepada penjual atau reseller mencoba produk yang di tawarkan minimal beberapa produk untuk di review sebelum di jual.

2. Resiko penjual
Ketika sudah begini kalian tidak boleh mundur sedikit pun karena memang sudah tanggung jawab, terutama saya, untuk selalu melayani customer.

3. Harus ikhlas
Memang bukan hanya pembeli tapi penjual juga harus ikhlas ketika ada masalah dalam penjualan sebuah produk. Kita coba selesaikan sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Nah itu beberapa ulasan yang saya alami, mungkin bisa menjadi sebuah pelajaran bagi kalian yang ingin membeli produk digital. Ingat ketika membeli kita harus paham risikonya.
Semoga bermanfaat dan kita bisa lebih hati-hati lagi dalam memilih produk.

-- produk sudah saya hapus dari daftar list agar tidak ada yang pesan lagi--
--Proses perbaikan admin sedang di proses--

0 Response to "Pahami memilih barang digital dengan risikonya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel